July 7, 2021 By mresvubih.net 0

Ketentuan Dalam Aqiqah Semacam Ketentuan Dalam Kurban, Baik Dari Sisi Umur Ataupun Tidak Cacat

Ketentuan Dalam Aqiqah Semacam Ketentuan Dalam Kurban, Baik Dari Sisi Umur Ataupun Tidak Cacat

Aku memiliki 2 gadis salah satu berusia 6 tahun sedangkan yang lain berusia 3 tahun. Aku mau mengaqiqohi buat putriku yang besar. Ayahku menelpon penjual kambing serta membeli domba jantan untukku dengan harga 400 dolar. Hendak namun penjualnya tidak ketahui jika kambing itu buat aqiqah. Serta disembelih di tempat penyembelihan serta diberikan kepadaku telah terpotong.

Dimana aku sudah meniatkan buat aqiqah sehingga aku bagikan dagingnya kepada saudara serta orang orang fakir. Apakah diperbolehkan menyembelih aqiqah di tempat penyembelihan ataupun wajib disembelih di rumah? Disebutkan nama orang yang menyembelih semacam dalam kurban.

Jika sekiranya tidak diperbolehkan, apakah diperbolehkan kambing jantan tadi aku anggap selaku sedekah serta aku membeli kambing lain serta aku sembelih? Jika sekiranya aku wajib menyembelih aqiqah lagi, apakah aku boleh membeli 2 kambing betina pengganti kambing jantan. Sebab harga kambing jantan setara dengan 2 kambing betina serta aku sembelih keduanya buat kedua putriku sekalian? hikmah dari melaksanakan aqiqah

Tidak disyaratkan sahnya aqiqah ataupun kurban mengatakan nama owner kurban ataupun aqiqah. Sebagaimana tidak disyaratkan pula disembelih di rumah. Apalagi diperkenankan disembelih di tidak hanya negeri orang yang berkurban serta negeri orang yang melaksanakan aqiqah. Yang berarti pemiliknya meniatkan buat kurban ataupun aqiqah. Tidak disyaratkan penyembelih serta penjual mengetahuinya kalau kambing itu buat aqiqah ataupun kurban. Sehingga kambing tersebut legal buat aqiqah gadis awal kamu.

Kedua:

Aqiqah tidak wajib tipe kambing tertentu, hingga diterima baik jantan ataupun betina dari tipe kambing. Sebagaimana diterima pula dari tipe domba ataupun kambing kampung. Perihal itu bersumber pada keumuman sabda Nabi sallallahu alaihi wa salam: Jasa aqiqah Jakarta dan Bekasi

عَنْالْغُلَامِشَاتَانِ،وَعَنْالْأُنْثَىوَاحِدَةٌ،وَلَايَضُرُّكُمْذُكْرَانًاكُنَّ،أَمْإِنَاثًا

رواهالترمذي( 1516)،وصححهالألبانيرحمهاللهفي”صحيحسننالترمذي

“ Buat anak lelaki 2 kambing serta buat anak wanita satu kambing. Tidak kenapa baik jantan ataupun betina. HR. Tirmizi, 1516. Dinyatakan shoheh oleh Albani rahimahullah dalam‘ Shoheh Sunan Tirmizi.

Hendak namun disyaratkan dalam aqiqah sebagaimana disyaratkan dalam kurban. Dalam perihal tidak cacat. Serta memiliki umur yang diterima.

Ibnu Qudamah rahimahullah mengatakan,“ Tidak terdapat cacatnya( Aqiqah) sebagaimana tidak terdapat cacat dalam kurban. Secara global kalau hukum aqiqah semacam hukum kurban. Dalam perihal usia serta tidak terdapat cacat dalam keduanya. Hingga jika usianya kurang dari jadzah( berusia 8- 9 bulan) dari domba serta musinnah( berusia satu tahun) dari kambing lokal. tidak diterima. Sebagaimana tidak diterima jika matanya jelas buta. Kakinya jelas pincang. Jelas sakitnya. Sangat kurus yang tidak terdapat dagingnya.( Adba’) Yang lenyap sebagain besar telinga ataupun tanduknya. Berakhir dari Mugni, 7/ 366.

Usia yang diterima dalam aqiqah merupakan 5 tahun dari tipe unta. 2 tahun dari tipe sapi, satu tahun dari tipe kambing lokal serta 6 bulan dari tipe domba.

Dari mari, hingga tidak jadi sesuatu keharusan kamu menyembelih dengan harga sangat mahal. Yang berarti merupakan aqiqah itu semacam diterima dalam kurban. Dari usia yang sudah didetetapkan serta tidak terdapat cacatanya.

Sedangkan aqiqah yang hendak kamu sembelih nanti insyaallah, cuma buat gadis kecil kamu. sedangkan yang besar, semacam uraian tadi kalau kambing yang sudah disembelih itu diterima buat aqiqahnya. Buat bonus faedah silahkan memandang jawaban soal nomor. 82607 serta nomor. 41899.

Wallahu a’ lam