April 27, 2021 By mresvubih.net 0

Mendaftarkan Syarat Pendaftaran Merek Dagang Di Tiongkok

China, dengan populasi sekitar 1,3 miliar, merupakan pasar yang menarik bagi banyak bisnis. Mereka yang ingin ikut serta dalam kereta musik untuk memasarkan produk mereka di China harus secara serius melihat perlindungan kekayaan intelektual di China. Tidak seperti beberapa negara, China tidak memberikan perlindungan untuk merek dagang yang tidak terdaftar di bawah hukum umum. China mempraktikkan sistem “pertama ke file” untuk merek dagang, yang berarti hak atas merek diberikan kepada pihak pertama yang mendaftarkannya.

Secara umum, proses pengajuan syarat pendaftaran merek dagang di China dapat diringkas di bawah ini:

1. Dapatkan agen / pengacara kekayaan intelektual untuk melakukan pengajuan untuk Anda. Undang-undang China mewajibkan orang asing tanpa alamat tetap di China untuk melibatkan agen yang disetujui Negara jika mereka ingin mendaftarkan merek dagang di China Meskipun Anda memiliki alamat tetap di China, disarankan untuk meminta agen untuk melakukannya.

2. Sebelum mengajukan pendaftaran merek, pemohon harus melakukan penelusuran awal di Kantor Merek Dagang China untuk menentukan apakah merek serupa sudah terdaftar.

3. Lengkapi semua formulir dan dokumen resmi. Kantor Merek Dagang China hanya menerima dokumen yang dikirimkan dalam bahasa China.

4. Ada total 42 kelas merek dagang di Cina. Anda harus mengirimkan aplikasi Anda untuk setidaknya satu kelas.

5. Jika Anda berhak untuk mengklaim pendaftaran prioritas, Anda harus menyerahkan surat prioritas Anda, dengan terjemahan yang tepat, bersama dengan aplikasi. Dokumen-dokumen ini harus disertifikasi oleh organisasi terkait.

6. Setelah menyerahkan semua dokumen yang diperlukan ke Kantor Merek Dagang China [http://sbj.saic.gov.cn/english/index_e.asp], Kantor akan meninjau dokumen untuk kepatuhan.

7. Setelah dilakukan pemeriksaan pendahuluan, jika Kantor Merek yakin bahwa merek yang dimohonkan pendaftarannya tidak sama atau identik dengan merek terdaftar yang sudah ada, maka ia akan memberikan persetujuan awal dan akan mempublikasikan merek tersebut dalam Berita Acara Pemeriksaan Pendahuluan.

8. Undang-undang merek dagang China [http://trademarks.qiliqulu.com/china-trademark-registration.php] menyatakan bahwa merek yang diterbitkan dalam lembaran ujian pendahuluan menjadi sasaran penolakan publik untuk jangka waktu 3 bulan. Jika ada penolakan yang diajukan, Kantor Merek akan menginformasikan pemohon.

9. Setelah menerima pemberitahuan penolakan dari Kantor Merek, pemohon memiliki waktu 15 hari untuk menanggapi dan meminta tinjauan administratif.

10. Jika pemohon tidak puas dengan hasil peninjauan, pemohon dapat, dalam waktu 30 hari setelah menerima pemberitahuan keputusan peninjauan, mengajukan banding administratif ke Pengadilan.

11. Jika tidak ada pihak yang mengajukan penolakan terhadap merek yang telah menerima persetujuan awal dalam waktu tiga bulan, Kantor Merek akan mendaftarkan merek tersebut dan mempublikasikan pemberitahuan pendaftaran di Lembaran Merek.