July 24, 2021 By mresvubih.net 0

Cara Mengidentifikasi Rayap

Rayap dapat menyebabkan kerusakan struktural utama pada rumah dan bangunan lain serta perabotan kayu. Orang biasanya hanya melihat rayap di dalam ketika infestasi sudah mapan, meskipun Anda mungkin juga menemukan rayap di luar di sekitar tunggul pohon mati, papan yang membusuk atau detritus lainnya. Untuk mengidentifikasi rayap, periksa satu serangga dengan cermat. Hal-hal seperti sayap dan antena dapat membantu Anda mengidentifikasi serangga sebagai rayap. Anda juga harus mencari tanda-tanda infestasi, seperti tabung lumpur dan kotoran. Jika Anda memiliki serangan rayap, konsultasikan dengan jasa anti rayap profesional untuk perawatan.

Memeriksa Ciri Fisik Physical

1. Tangkap serangga jika memungkinkan

Rayap terlihat mirip dengan semut dan perlu diperiksa dengan cermat untuk membedakannya. Jika memungkinkan, jebak salah satu serangga yang dimaksud untuk diperiksa dan lihat di bawah kaca pembesar atau yang serupa. Anda dapat menangkap rayap dengan menjepitnya dengan lembut di antara ibu jari dan jari telunjuk Anda.

  • Tempatkan rayap di sesuatu seperti stoples untuk memeriksanya.
  • Anda masih dapat memeriksa rayap yang mati, tetapi akan lebih mudah untuk mengamati rayap yang masih hidup. Ambil bug dengan hati-hati untuk menghindari membunuhnya.
2. Lihatlah sayap dan antena
Rayap memiliki sayap dan antena yang sangat berbeda dari semut. Salah satu cara untuk mengetahui bahwa Anda sedang berhadapan dengan rayap dan bukan semut adalah dengan memeriksa sayap dan antena serangga dengan cermat.
  • Rayap memiliki 4 sayap. Keempat sayap tersebut berukuran sama dengan tubuh rayap, sedangkan sayap semut memiliki ukuran yang berbeda.
  • Perhatikan bahwa rayap kehilangan sayapnya setelah berkerumun, jadi rayap yang Anda lihat mungkin tidak memilikinya.
  • Rayap memiliki 2 antena lurus. Antena semut agak melengkung.
3. Waspadai berbagai jenis rayap
Rayap memiliki 3 jenis yang berbeda: rayap bersayap, rayap pekerja, dan rayap tentara. Jika Anda melihat berbagai jenis serangga di sekitar rumah Anda, Anda mungkin melihat berbagai jenis rayap.
  • Rayap bersayap berwarna coklat tua atau hitam. Ini adalah rayap yang mungkin Anda lihat dan periksa.
  • Rayap pekerja tidak memiliki sayap, tetapi masih memiliki antena yang sama. Mereka putih dalam penampilan dan kadang-kadang tembus.
  • Rayap prajurit tidak memiliki sayap dan berwarna kecoklatan. Mereka memiliki penjepit di dekat kepala mereka, serta antena.
4. Perhatikan ukuran serangga
Anda tidak perlu mengukur rayap dan melakukannya mungkin sulit. Namun, coba perhatikan ukuran kasarnya. Rayap adalah sekitar 3/8 inci (0,95 cm) panjang.

Mengamati Tanda-tanda Infestasi

1. Lihatlah perubahan di rumah Anda
Rayap dapat menyebabkan kerusakan pada rumah Anda. Jika terjadi infestasi, Anda mungkin melihat tanda-tanda kerusakan. Kayu Anda mungkin terdengar hampa saat Anda mengetuk atau mengetuknya. Anda mungkin juga melihat lantai dan langit-langit Anda kendur.
  • Kayu yang hancur dan cat yang terkelupas juga dapat menunjukkan dan infestasi.
2. Dengarkan suara rayap
Anda sering dapat mendengar infestasi sebelum Anda melihatnya. Rayap tentara terkadang mengetuk kepala mereka di dalam dinding Anda.
  • Jika Anda mendengar suara ketukan di rumah Anda, ini mungkin menunjukkan serangan rayap.
3. Hati-hati dengan kotoran
Kotoran rayap adalah tanda lain rumah Anda penuh. Kotoran terlihat seperti butiran kecil dan mungkin muncul di dekat dinding atau tempat rayap berkumpul. Jika Anda melihat pelet menumpuk di rumah Anda, ini adalah tanda infestasi.
  • Perhatikan bahwa rayap bawah tanah menggunakan kotorannya sebagai bahan konstruksi untuk terowongan, jadi Anda mungkin tidak melihat kotoran rayap di rumah Anda.
4. Cari tabung lumpur di dinding
Rayap sering membangun tabung lumpur dan kotoran di dinding. Ini untuk melindungi rayap dari predator dan sinar matahari. Tabung lumpur yang tidak biasa menempel di dinding di rumah Anda, sering ditemukan di luar ruangan, adalah tanda rayap. Strukturnya terlihat seperti tanah liat dan berwarna coklat tua.
  • Rayap sering membangun tabung lumpur dalam semalam, jadi Anda mungkin melihat mereka muncul tiba-tiba di pagi hari.

Menghadapi Infestasi

1. Pilih perusahaan pengendalian hama dengan hati-hati
Serangan rayap dapat menyebabkan kerusakan besar pada rumah Anda. Ini harus segera ditangani oleh seorang profesional. Pilih perusahaan pengendalian hama yang memiliki reputasi baik segera jika Anda curiga Anda memiliki rayap.
  • Pastikan setiap perusahaan yang Anda pilih memiliki izin dari Departemen Pertanian. Perusahaan yang menjadi anggota National Pest Management Association juga merupakan nilai tambah.
  • Hubungi 2 atau 3 perusahaan untuk mendapatkan perkiraan. Menangani rayap bisa memakan banyak biaya, jadi pastikan Anda mencari yang terbaik.
  • Rayap dapat menyebabkan kerusakan, tetapi lakukan secara perlahan. Tidak apa-apa untuk meluangkan waktu memilih perusahaan yang berkualitas. Jika sebuah perusahaan menggunakan taktik menakut-nakuti untuk menekan Anda agar menandatangani kontrak dengan cepat, ini mungkin bukan perusahaan yang baik.
2. Bicarakan pilihan perawatan dengan seorang profesional

Rayap biasanya diobati dengan semprotan dan pestisida. Meskipun pestisida yang disetujui seharusnya aman untuk kesehatan Anda, jika Anda tidak nyaman dengan bahan kimia, Anda dapat mencoba semprotan sebagai gantinya. Bicarakan pilihan Anda dengan perwakilan pengendalian hama dengan hati-hati untuk memutuskan opsi perawatan yang tepat untuk Anda.

  • Selain memutuskan antara umpan dan semprotan, bicarakan tentang berapa banyak rumah Anda yang harus dirawat. Terkadang, serangan rayap dapat diatasi dengan perawatan spot atau perawatan di sekeliling rumah Anda. Di lain waktu, seluruh rumah Anda perlu dirawat.
3. Ikuti petunjuk tentang pengobatan
Saat menggunakan bahan kimia, perusahaan pengendalian hama Anda akan memberi Anda instruksi khusus. Anda mungkin harus tinggal di luar rumah untuk jangka waktu tertentu atau memindahkan hewan peliharaan Anda.
  • Anda mungkin ingin berkonsultasi dengan dokter jika Anda memiliki kondisi medis yang mungkin diperburuk oleh paparan bahan kimia.
4. Jangan mencoba untuk mengobati infestasi Anda sendiri
Mengobati serangan rayap itu rumit dan membutuhkan keahlian khusus. Dalam situasi apa pun Anda tidak boleh mencoba mengobati infestasi sendiri.
  • Selalu berbicara dengan pembasmi hama profesional untuk membahas pilihan pengobatan.